Masjid Camlica istanbul turki

Masjid Camlica yaitu masjid paling besar yang ada di istanbul, turki dan semua daerah asia minor. Nama dari Masjid Camlica istanbul turki ini diambil dari nama bukit karna Masjid Camlica ini ada diatas puncak teratas dari bukit camlica di kota istanbul. Masjid ini diresmikan pada tanggal 1 juli th. 2016 oleh seseorang presiden erdogen.

Diluar itu masjid camlica ini memiliki kubah masjid yang begitu besar dan juga diperlengkapi dengan beragam macam sarana seperti bangunan museum, galeri seni, perpustakaan umum dan lain sebagainya. Lebih menariknya lagi masjid megah ini didesain oleh dua orang arsitek wanita yang bernama bahar mizrak dan hayriye gul totu. Jumlah dana yang di habiskan untuk membuat masjid ini sejumlah 150 juta lira turki.

Pembangunan dari masjid ini tidak digunakan untuk tempat lakukan beribadah saja tetapi juga sebagai usaha dari pemerintah turki untuk tunjukkan keagungan dari negara itu pada dunia.

Bukit Camlica di istanbul

Bukit Camlica ini sendiri yaitu bukit yang ada di perbatasan dengan distrik uskudar, diluar itu bukit ini dapat juga tampak dari selat bosphorus dan laut marmara. Bukit Camlica ini ada dalm dua sisi yaitu buyuk camlica yang bermakna bukit besar serta kucuk camlica yang bermakna bukit kecil. Makna dari nama bukit camlica ini yaitu bukit cemara. Dulunya bukit ini ditanami dengan pohon cemara yang demikian banyak, karna begitu banyak, sehingga cahaya matahari tidak dapat masuk karena sangat demikian rapatnya. Terkecuali pohon cemara tanaman bunga yang beragam macam warna ini tumbuh di bukit ini.

Sejarah Masjid Camlica

Pada jaman dulu beberapa sultan usmaniyah menyimpan perhatian pada bukit camlica ini, seperti sultan murat IV yang memerintahkan untuk membuat tempat tinggal untuk peristirahatan pada musim panas. Yang lalu Sultan Mahmet IV ini mempunyai gelar yaitu jadi sang pemburu, serta setelah itu membuat satu loji perburuannya dan melakukan perbaikan tempat permandian air panas yang alami di bukit besar atau buyuk camlica Serta di masa Sultan Selim III bukit camlica dipakai untuk tempat rekreasi berbarengan dengan selat bosphorus dan kagithane.

Bukan sekedar itu, kaisar jerman wilhelm II memerintahkan untuk membuat satu monumen diatas bukit ini, namun hal itu ditolak dengan cara halus oleh sultan karna disana ada juga makam dari ivaz fakih yang begitu dihormati oleh semuanya rakyat turki. Untuk menggantinya kaisar jerman wilhelm II ini memerintahkan untuk membuat air mancur yang ada di pelataran sultan ahmet square menjadi hadiah kepada sultan.

Namun berlainan dengan yang lain, seseorang presiden turki erdogan ini membuat satu masjid dengan ukurannya yang besar di puncak bukit camlica ini. masjid camlica ini tidak cuma masjid terbesar yang berada di kota istanbul tetapi masjid ini masjid paling besar di turki dan semua lokasi asia kecil.

Bangunan dari masjid Camlica ini menggunakan style arsitektur classic turki usmani dengan ciri yang paling intinya berbentuk bangunan tinggi besar. masjid camlica ini dibuat agar bisa menyimpan jamaah kurang lebih sejumlah 37 ribuan orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *